February 2, 2013

this city...


The City of Townville....

           



Gue gak bakal cerita tentang gimana Powerpuff Girls menyelamatkan Townville atau mencari tau tentang skema kejahatan Mojo jojo yang terbaru. Gue justru sedang sibuk untuk menyelamatkan kota gue sendiri, Jakarta.






The City Of Jakarta...


            



*jengjengjeng*






Beberapa hari lalu, kota tercinta ini terkena musibah banjir. Dan gak nanggung-nanggung, banjir yang datang kali ini gak memandang golongan apapun, semua disapu bersih, dan tingginya itu bisa hampir 2 meter. Puji Tuhan, rumah gue ‘kering’, walaupun akses sekitar perumahan gue terendam banjir hampir sepinggang orang se-lutut orang dewasa, dan rumah gue sempat merasakan mati lampu 24jam yang disertai dengan angin dan hujan yang membuat keadaan dirumah semakin mencekam.

Hujan yang terus turun membuat Jakarta menjadi lautan air dalam waktu sekejap!








Dan menyedihkan nya lagi, bukan hanya 1 atau 2 hari aja, tapi lebih dari seminggu luapan air ini menetap di ibukota. Media Cetak dan Media elektronik penuh dengan topik “Jakarta Darurat Banjir”, semakin hari semakin banyak korban jiwa, pengungsi yang kelaparan, pengungsi yang sakit, dan pengungsi yang kehilangan barang berharga atau bahkan kehilangan keluarganya sendiri.

Rumah-rumah dan pemukiman-pemukiman warga ikut terendam, banjir kali ini bener-bener gak mandang golongan dan tingkat apapun, bahkan sampai perumahan mewah pun semua rata terbawa arus banjir. 

air yang memasuki perumahan mewah di pluit,
bahkan istana Presiden pun ikut terkena banjir.

Gedung perkantoran ‘Plaza UOB’ misalnya, gedung ini ada dikawasan yang cukup elit di pusat Jakarta, dan akhirnya harus merelakan 3 lantai basementnya digenangi air banjir. Awalnya hanya diketahui ada 2 korban jiwa yang terperangkap, ternyata ditemukan potongan-potongan tubuh jenazah lain di gedung itu. dan banyak lagi tempat-tempat lain yang memakan korban jiwa karena air bah ini.

air yang masuk ke basement Gedung UOB



Miris banget bro, waktu lihat apa yang terjadi dikota Jakarta. Tapi lebih mirisnya lagi saat kayak gini justru lebih banyak orang mencari kesalahan satu sama lain, bukannya saling mengoreksi. Contohnya, mereka mencari kesalahan Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru menjabat kurang lebih 100 Hari itu, Jokowi-Ahok. Entahlah, apa yang ada dipikiran mereka semuanya, bahkan kalo The Avengers pun yang menjabat dipemerintahan Jakarta, atau Powerpuff Girls atau superhero lainnya yang punya kekuatan Super, mereka gak akan bisa sesingkat itu merubah kota yang udah ‘kusut’ ini.
Dari pada cari kesalahan dan saling menyalahkan, kenapa kita tidak mengoreksi diri kita sendiri? Apa yang udah kita kasih dan kita ‘tanam’ dikota kita ini? Bukankah apa yang kita tabur akan kita tuai? Berapa sering kita menghujat kota sendiri? ‘macet mulu” , “banjir mulu”, “kota sampah” dll.  Mungkin dengan kalimat yang sederhana kita update di twitter atau status jejaring sosial lainnya, kadang kita gak sadar itu sudah mengutuki kota sendiri (kita uda menabur kutukan dan kata-kata buruk) dan karena perkataan kita ‘punya kuasa’ akhirnya tuaian yang kita dapat pun buruk.
Bagaimana dengan sampah? berapa banyak sampah yang tanpa sengaja/tidak sengaja kita buang tidak pada tempatnya? 
Terlihat sepele memang, tapi justru ini dampak dari menyepelekan hal kecil. dan akhirnya bumi seakan mengamuk tanpa sebab. Dan sudah seberapa sering kita Action? Maksud gue, turun langsung ke lapangan, entah itu kerja bakti, tanam pohon, membersihkan selokan . dll. Coba mulai koreksi diri masing-masing, dan stop judging!



Ini adalah cara yang mudah banget buat dilakukan untuk mencegah banjir:

·         Bersihkan selokan secara teratur

·         Hindari membuang sampah sembarang, terutama di selokan atau ditempat mengalirnya air (ex: sungai)

·         Perbanyak penghijauan di halaman rumah.

·         Hindari menebang pohon!
·         Lakukan kerja bakti untuk memperlebar sungai, agar sungai dapat menampung lebih banyak air.

Kalaupun kita memang sudah menjadi orang yang peduli lingkungan, tapi masih menikmati dampak banjir ini, bukan berarti kita ada kesempatan untuk menyalahkan orang lain, tapi justru ini harus memacu kita untuk memberitahukan kepada orang lain, terbukti begitu banyak orang yang tidak sadar lingkungan dibanding orang yang sadar lingkungan. Memang bukan salah kita (yang menjaga lingkungan) hanya presentase orang yang tidak sadar lingkungan itu yang mendominasi. So, gimana caranya?

kita bisa melakukan penyuluhan tentang dampak banjir dan pentingnya mencegah banjir, gak harus dilakukan secara resmi, gak harus membuat penyuluhan melalui pertemuan dengan warga di aula kelurahan atau kecamatan terdekat, itu ribet bro (walaupun itu juga baik loh). kita udah hidup di era modern, lewat jejaring sosial kita bisa membagikan tentang hal menjaga lingkungan (dengan cara yang simpel). Daripada status twitter kita penuh keluhan tentang kota ini, justru bakal ngebuat orang yang baca status mu jadi makin ilfeel sama kota Jakarta dan pemimpinnya.

Ngomong-ngomong tentang Pemimpin, gue juga kurang setuju dengan orang yang bilang kalau apa yang dilakukan Jokowi-Ahok adalah pencitraan aja, hmmm sangat gak setuju! Menurut gue yang dilakukan mereka adalah tindakan nyata yang baik! Yang harusnya patut dicontoh semua pemimpin-pemimpin yang ada dibangsa ini, gak cuma angkat kaki di singgasana mereka aja, tapi mau terjun langsung, walaupun mungkin dampaknya belum sepenuhnya terasa, tapi percayalah untuk hal yang baik semua butuh proses! 
Blusukan yang dilakukan pemimpin kita ini bukan pencitraan melainkan Karakter beliau. Dan suka gak suka, kalian harus nerima Karakter beliau dong, beliau aja nerima tuh Karakter kita warganya yang suka mengeluh dan kadang masa bodoh dengan kota sendiri . HAHAHAHA

gak ada yang harus disalahkan dan saling menyalahkan. Gak harus menyalahkan kinerja pemimpin sebelumnya juga, semuanya sudah mencoba melakukan yang terbaik, bukan untuk diri mereka sendiri, tapi untuk kita juga. jadi pemimpin dikota yang 'ajaib' ini gak mudah loh, baiknya kita juga harus menjadi warga  masyarakat yang mencintai kota ini, rawat dan jaga kota Jakarta, dan jadi warga yang mau bekerja sama. 

kota Jakarta sudah mulai kehilangan kasih sayang, bukan hanya manusia saja yang bisa merasakan kurang kasih sayang. maka dari itu, mulai berikan perhatian untuk kota ini, sepertinya kota ini mulai merajuk karena sifat kita yang acuh tak acuh dan seakan mau enaknya aja dikota ini. saat. sama-sama memperbaiki diri, gue pun sedang menocba untuk menjadi masyarakat yang lebih baik untuk kota ini.
I DO LOVE JAKARTA!


Puji Tuhan Banjir sudah kering, dan keadaan berangsur membaik (AMINNNN). semoga dengan adanya kejadian ini kita bisa ambil hikmah nya, bisa lebih termotivasi untuk menjaga kebersihan kota Jakarta, saling mengoreksi dan gak hanya jadi orang yang NATO (No Action Talk Only), dan pastinya biar kita juga punya hati untuk terus mendoakan pemimpin dan kota Jakarta ini, bukan selalu doa yang egois (doa tentang diri sendiri mulu)

Oh iya! Sebelum gue menutup blog gue yang super gak jelas ini, gue mau kasih applause standing + angkat topi untuk para relawan-relawan korban banjir, Polisi, Tentara dan para aparat-aparat keamanan lain, juga Dokter, suster, kuli-kuli yang semangat merapikan lagi situ nya, semua orang yang terlibat dan memberi bantuan langsung maupun tidak langsung, untuk posko-posko banjir juga, wartawan-wartawan, mahasiswa-mahasiswa yang berjiwa sosial, terimakasih untuk solidaritas anak-anak bangsa, you guys are awesome! proud of you all!
dan semua yang udah punya hati untuk kota Jakarta dan selalu ada doa untuk kota ini, kalian lah yang dibutuhkan bangsa ini, jangan pernah bosan, dan jangan pernah lelah ya :)

So once again the day is saved..... thanks to...
all of you. Yes you! 
GBU!<3

'if not you, who? if not now, when?'
#KeepCalm&LoveJakarta
#WeLoveJakarta

2 comments:

  1. Every Single "post" in this blog was AWESOME !!!!

    The way you combine your "narcissistic" + "motivation" + "religion" side of view was genius :)

    People get happy with your "funny" statement about yourself,
    And then got motivated by your inspirational statement,
    And finally people would remember about their GOD !

    Keep posting !!
    I'll wait waiting every post you write next !!

    #RefreshMyBrowserUntilYourPostAppear

    LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou lee!!! :)
      Bener2 termotivasi lg utk nulis. Gbu

      Delete